6 Tips Ampuh Agar Kita Bisa Menabung Walau Dengan Gaji Pas-Pasan


    Menabung,kata sepele tetapi sulit untuk dilakukan. Apalagi uang di dompet dan gaji pas-pasan hanya untuk keperluan sehari-hari.Akan tetapi,kegiatan menabung bukanlah hal yang mustahil.Banyak keperluan yang kita butuhkan sehari-hari,tetapi jika kita tidak bisa memanage uang dengan tepat uang akan habis hanya untuk keperluan yang sekunder bahkan tersier.Walaupun kita hanya mempunyai gaji yang rendah,misalkan 1.6 juta sesuai dengan UMR,kita masih bisa kok untuk menabung.Dibawah ini tips agar kita bisa menabung buat Anda yang punya gaji pas-pasan:


1.Membuat dua rekening terpisah (rekening untuk menabung dan pengeluaran)

Buatlah dua rekening berbeda,rekening yang pertama yaitu rekening untuk menempatkan gaji dan pengeluaran anda dan rekening yang kedua adalah rekening yang berfungsi untuk menabung.Dengan mengunakan cara ini anda dapat menghemat pengeluaran.
2.Susun anggaran setiap awal minggu
Membuat anggaran di awal minggu merupakan hal yang wajib bagi and yang ingin menabung sedangkan mempunyai gaji pas-pasan,hal ini dikarenakan untuk membuat daftar keperluan yang kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari,sehingga keperluan yang kita butuhkan tidk melamoaui anggaran sehingga kita bisa menabung.
3.Jangan merasa kaya setelah anda gajian.

Setelah gajian,agar anda tidak berpkir kalau sedang kaya,segeralah transfer setidaknya 1/3 bagian gaji anda ke rekening tabungan anda.Sehingga anda dapat menabung dan berfikir gaji asli anda adalah gaji yang sudah terpotong untuk menabung tadi.

4.Memasukkan uang receh kedalam tabungan 
Mungkin dari anda menabung berarti menyimpan uang dengan jumlah besar,dan menyepelekah uang receh.Nah kali ini jika anda memang beriat untuk menabung,hari ini mulailah dengan menabung juga uang receh misalkan Rp.1000,00.Uang receh pastilah tidak mungkin dimasukkan ke rekening tabungan anda,maka dari itu sediakanlah sebuah toples tersendiri untuk menampung uang receh anda,sehingga anda tidak menelantarkan recehan.
5.Jangan sering ke minimarket
Terlalu sering mampir ke minimarket haram hukumnya untuk orang yang sedang berjuang untuk menabung.Dapat dipastikan Anda akan tergoda untuk membeli sesuatu karena lapar mata. Agar iman anda tidak tergoyah untuk memberi makan mata anda,maka janganlah sering-seing peri ke minimarket,pergi ke minimarket hanya untuk kebutuhan primer saja seperti membeli sayur untuk makan dll.
Sebelum berbelanja ke mini market atau apapun,catatlah juga barang yang benar-benar sedang Anda butuhkan. Berpegangl teguhlah pada daftar yang Anda buat, sehingga nantinya Anda tak akan membelanjakan uang untuk barang yang tak terlalu perlu.

6.Pegang teguh motivasi Diri
Seperti manusia lainnya keinginan untuk jajan seseorang pasti ada, Anda merasa tak sanggup lagi untuk selalu berpegang teguh pada diri untuk menabung.Tapi janganlah menyerah untuk menabung,pegang teguhlah pendirianmu untuk menabung mulai dari sekarang.
Anda harus ingat masa depan tergantung di tangan Anda sendiri. Uang yang Anda kumpulkan tentu akan sangat membantu ketika nantinya Anda selesai sebagai mahasiswa.